Membaca bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tentunya dengan berbagai media. Mulai dari buku hingga membaca bahan bacaan dari gadget kita.

Namun, aktivitas membaca dan juga bermain gadget (screen time) ini kerap membuat orang lupa waktu dan tidak memperhatikan kesehatan matanya. Bukan pemandangan baru, bila kita lihat banyak anak-anak hingga remaja sudah harus menggunakan kaca mata atau bahkan sebagian besar dari mengalami keluhan mata kering yang mengganggu.

Karena itu, agar kegiatan membaca tetap lancar dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan mata maka harus diimbangi dengan cara yang tepat.

Inilah 4 cara sehat dari Dokter Spesialis Mata Klinik Mata KMU dr. Ruchyta Ranti, SpM yang harus kamu terapkan saat membaca atau bermain gadget.

1. Membaca di ruangan dengan pencahayaan yang cukup

Apabila kita berusaha fokus dalam ruangan yang redup, akibatnya mata akan lebih cepat mengalami kelelahan. Membaca dalam gelap juga bisa menimbulkan mata kering karena menurunnya frekuensi berkedip. Baiknya, kamu menambahkan lampu baca yanh diletakkan di atas buku atau gadget untuk membantu menambah pencahayaan.

2. Beri waktu jeda untuk beristirahat

Penting untuk tetap memperhatikan anjuran 20-20-20. Yaitu, tiap 20 menit membaca diberikan jeda beristirahat dengan melihat jauh sejauh kurang lebih 20 feet (6 meter) selama 20 detik.

3. Atur posisi terbaik

Posisi yang paling baik untuk membaca adalah dengan posisi duduk dengan punggung tegak, dimana posisi obyek bacaan tegak lurus dengan mata. Baiknya, buku atau screen tidak terlalu atas mau pun terlalu bawah. Sehingga tidak menimbulkan keluhan pada leher maupun kelelahan mata.

4. Perhatikan durasi membaca/screen

Terutama pada waktu sebelum tidur, membaca dapat menyebabkan keluhan mata kering yang dapat mengganggu saat tidur. Jadi, jangan sampai lupa untuk membaca dengan durasi yang tepat. Jangan terlalu lama dengab posisi yang salah!

Dari 4 tips di atas, apakah sudah kamu terapkan semua?

Ayo perbaiki cara membaca atau screen time kita ya!

Bagaimana pun keluhan pada mata bisa datang kapan saja yang justru berasal dari gaya hidup kita yang salah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here