Benarkah Biaya Operasi Katarak Mahal? Faktanya Tergantung Dari 3 Hal Ini

0
141

Siapa bilang biaya operasi katarak mahal? Pada dasarnya, biaya operasi katarak terbilang terjangkau dan terbilang murah dibandingkan tindakan operasi lainnya. Bahkan di Klinik Mata KMU sendiri, biaya operasi katarak dimulai dengan harga Rp. 6 Jutaan, dan beberapa kali memberikan potongan harga operasi katarak hingga biaya operasi katarak menjadi Rp. 5 Jutaan.

Faktanya, setiap calon pasien operasi katarakbisa menentukan sendiri biaya operasi kataraknya.
Mengapa biaya operasi katarak menjadi lebih mahal dibandingkan biasanya? Hal ini bergantung pada 4 hal ini:

Jenis Layanan

  1. BPJS Kesehatan/Asuransi
    Bila Anda mengunakan layanan BPJS Kesehatan atau asuransi, maka biaya operasi katarak Anda bisa di cover secara menyeluruh atau sesuai dengan peraturan yang ada pada asuransi.
  2. Umum
    Mungkin biaya yang dikeluarkan tak akan membuat total biaya operasi katarak menjadi terlalu tinggi, sebab layanan umum ini kerap dipilih pasien untuk memeriksakan diri.
  3. VIP
    Berbeda dengan layanan lainnya,  VIP atau layanan prioritas di fasilitas kesehatan tentunya bisa membuat Anda merasakan pelayanan yang lebih baik dan utama. Karena itu, layanan jenis ini terbilang lebih mahal karena beberapa keunggulan, seperti: tanpa antri, lebih privat, prioritas jadwal dokter, hingga tempat yang lebih nyaman.

Karena itu, di Kinik Mata KMU pasien diberikan keleluasaan untuk memilih jenis layanan kesehatan sesuai kebutuhannya.

Jenis Lensa

Jenis lensa pada operasi katarak sangat berpengaruh pada penambahan biaya operasi katarak yang Anda jalani. Sebab, setiap lensa premium yang dipilih ini memiliki manfaat untuk mengatasi kelainan refraksi sekaligus.

  1. Lensa Intraokuler  Multifokal
    Lensa intraokuler multifokal adalah lensa yang diimplantasikan ke mata setelah operasi katarak untuk mengoreksi fokus jarak jauh, menengah, dan jarak dekat (jarak membaca) pasien pada saat membaca dekat. Biasanya lensa ini yang sering dicoer oleh BPJS Kesehatan mau pun asuransi kesehatan.
  2. Lensa Intraokuler Toric
    Lensa intraokuler toric adalah lensa yang diimplantasikan ke mata setelah operasi katarak untuk mengoreksi kelainan astigmatism (silinder) pada operasi katarak.

Hasil dari pemakaian lensa ini, diharapkan membuat ukuran silinder dapat berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Hal ini tentunya bermanfaat untuk meningkatkan tajam penglihatan.

IOLs premium satu ini mengandung pembesaran tambahan di berbagai bagian lensa untuk memperluas jangkauan penglihatan. Karena itu, penggunanya dapat melihat objek dengan jelas di semua jarak tanpa kacamata atau lensa kontak.

  1. Lensa Intraokuler Trifocal
    Untuk jenis lensa intraokular (IOLs) premium ini terbilang, paket lengkap dan praktis. Pasien katarak, bisa menggunakan ini karena sekaligus diperuntukkan bagi mereka yang memiliki gangguan refraksi, rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermotria) dan mata tua (presbyopia).

Teknik Operasi

Ada beberapa macam teknik operasi yang digunakan dalam operasi katarak. Di Klinik Mata KMU sendiri, telah memiliki beberapa teknik operasi yang memiliki masing-masing kesulitan dan keunggulan yang tentunya mempengaruhi biaya operasi katarak. Teknik operasi katarak tersebut, diantaranya:

  1. ECCE (Extra Capsular Cataract Extraction
    ECCE ini merupakan teknik operasi katarak konvensional, dimana lensa dikeluarkan melalui sayatan selebar 8-10mm. Teknik operasi ini membutuhkan waktu penyembuhan dan pemulihan yang  lebih lama.
  2. SICS (Small Incision Cataract Surgery)
    Teknik operasi ini menggunakan jahitan dengan sayatan 6 – 10 mm. Proses operasinya membutuhkan waktu 15-30 menit.  
  3. Phacoemulsification
    Operasi dengan teknik phacoemulsification ini merupakan operasi tanpa jahitan, dimana pasien bisa pulih dan sembuh lebih cepat. Proses operasi  Phacoemusification ini juga terbilang lebih  cepat, dengan menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit. Teknik operasi ini mampu mengurangi rasa nyeri, ngeres atau ketidaknyamanan setelah operasi. Pasca operasi dengan teknik ini, bahkan pasien bisa Langsung pulang dengan waktu penyembuhan kurang lebih 2 minggu hingga 1 bulan.

Jadi, biaya operasi katarak akan disesuaikan dengan fasilitas dan lensa yang dipilih. Pasien bisa memilih sendiri kebutuhan lensa untuk operasi kataraknya. Namun tenang saja, semua hal terkait operasi katarak akan didampingi langsung dan melalui konsultasi dokter spesialis mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here