Cuci tangan adalah hal yang menjadi suatu kebiasaan baru bagi masyarakat ini. Bahkan di era new normal saat ini cuci tangan di setiap aktivitas dan tempat umum adalah sebuah kewajiban.

Menariknya, selain dapat mencegah penularan virus Corona atau Covid-19, membersihkan tangan dengan air mengalir juga bisa mencegah kita dari penyakit atau gangguan mata. Karena itu, jangan kendor cuci tangan!

Dokter Klinik Mata KMU dr. Idham Mustahid, SpM mengatakan, karena manfaat dari mencuci tangan ini terbilang banyak maka Sahabat KMU tidak akan merugi dalam melakukannya  Dijelaskan dr. Idham, dalam kesehatan mata sendiri, aktivitas mencuci tangan bisa mencegah penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi akibat virus.

3 Penyakit mata yang dapat dicegah dengan cuci tangan

Cuci Tangan Hindarkan Penyakit Mata

Selain memutus rantai penularan Corona & Covid-19, mencuci tangan juga bisa menghindarkan kita dari beberapa penyakit. Setidaknya ada 3 penyakit mata yang bisa kita cegah dengan membersihkan tangan.

1. Trachoma

Trachoma/Trakoma adalah infeksi yang terjadi pada mata. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri, dimana seseorang dapat tertular gangguan mata ini bila bersentuhan langsung dengan penderita. Aktivitas seperti: memegang benda yang sama dengan penderita, kemudian menyentuh bagian mata akan membuat risiko penularannya semakin besar.

Prinsip penularan ini terbilang sama dengan penularan virus Corona atau Covid-19. Karena itu, membersihkan tangan dengan air mengalir sangat dianjurkan agar bisa menghindari jenis gangguan mata ini juga.

2. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau lebih dikenal dengan mata merah adalah gangguan kesehatan mata yang ditandai dengan warna merah pada mata. Hal ini terjadi, karena adanya peradangan di selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam (konjungtiva mata).

Biasanya, gangguan mata ini disertai dengan rasa gatal dan mata berair. Proses penularannya juga sama dengan Trakoma dan virus Covid-19 send

3. Keratitis

Keratitis adalah gangguan mata yang juga terjadi akibat peradangan atau inflamasi. Namun, gangguan ini terjadi pada kornea mata. Penyebab utama dari Keratitis ini merupakan cedera mata atau akibat inf.

Penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi, dapat dicegah dengan menerapkan prilaku hidup bersih & sehat seperti cuci tangan. Karena itu, pastikan  Anda sudah menjaga kebersihan tangan dengan cara yang baik dan benar.

Berikut ini tata cara cuci tangan dengan baik dan benar berdasar WHO:

Tahapan Cuci Tangan

Baca Juga:

Pastikan Pemakaian & Penyimpanan Maskermu Benar!

Tips Bekerja Sehat Depan Komputer – Podcast Mata KMU 1

2 Gangguan Mata Sekaligus Teratasi Dengan Lensa Premium Pada Operasi Katarak

Banyak fakta mengejutkan lainnya, tentang perilaku hidup bersih dan sehat untuk kehidupan manusia. Hal-hal kecil dan rutin dilakukan seperti menjaga kebersihan tangan ini, sangat baik untuk membangun imunitas tubuh yang bugar.

Bila sudah konsisten melakukan cuci tangan di kondisi pandemi Covid-19 seperti ini, maka tugas Sahabat KMU selanjutnya adalah menularkan semangat dan konsistensi ini kepada para warga yang lain. Menjaga tangan tetap bersih dengan mencucinya, membuat kita terbebas dari virus mewabah dan juga menghindari gangguan kesehatan mata.

Tonton juga info & tips menarik kesehatan mata lainnya:

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here