Hipertensi Bisa Sebabkan Kebutaan? Kenali Gejala dan Pencegahannya

0
193

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering kali muncul tanpa gejala. Banyak orang dengan kondisi ini tidak mengetahui kalau dirinya terkena darah tinggi selama bertahun-tahun.
Meski gejala darah tinggi cenderung samar, namun bukan berarti penyakit ini tidak berbahaya.
Faktanya, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik dapat merusak pembuluh darah, salah satunya pada mata.

Dokter Spesialis Mata KMU, dr. Bobby Krisna Putra, SpM. menjelaskan, semakin tinggi tekanan darah seseorang dan semakin lama mengalami kondisi tersebut, kemungkinan untuk mengalami kerusakan berat pada mata juga akan semakin besar.

Hal ini dapat memicu kerusakan pada retina yang disebut Retinopati Hipertensi.
Retinopati Hipertensi adalah kerusakan pada retina yang disebabkan kurangnya asupan nutrisi dan oksigen dalam darah yang diterima retina.

Tekanan darah yang tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, dinding pembuluh darah retina menebal, dan kemudian membatasi darah untuk mencapai retina

Pada awalnya, penderita retinopati hipertensi bisa saja tidak merasakan gejala dan tanda, namun seiring dengan waktu dan kerusakan pun sudah berat, penderita akan merasakan gangguan-gangguan atau gejala sebagai berikut:

1. Penglihatan buram atau penglihatan menjadi tidak nyaman
  2. Disertai sakit kepala
  3. Gangguan lapang pandang, hingga kehilangan penglihatan.

Orang-orang yang menderita Retinopati hipertensi ini mungkin tidak menyadari gejalanya hingga sudah terlambat.

Sayangnya, kerusakan yang terjadi akibat Retinopati hipertensi ini tidak bisa disembuhkan. Namun dapat dilakukan terapi untuk mempertahankan penglihatan. Menghambat kerusakan yang terjadi sehingga diharapkan tajam penglihatan tetap terjaga atau membaik.

Diagnosis dan terapi dapat dilakukan dengan berkonsultasi langsung dengan dokter mata yang akan memeriksa kondisi mata secara langsung menggunakan ophtalmoskopi dan memberikan saran kepada Anda serta rutin cek tekanan darah. Terutama bagi Anda yang memang berisiko tinggi terkena penyakit ini.

#hipertensi #gangguanmata #retinopatihipertensi