Ternyata kacamata terbagi atas beberapa jenis, salah satunya aalah kacamata bifokal (bifocal). Sebagian besar masyarakat hanya mengetahui, bahwa kacamata ini terbagi atas gangguan refraksi yang diderita pasien. Misal: hanya kacamata minus, silinder, atau presbyopia (mata tua/rabun dekat).

Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan kacamata tentu saja mengurangi kenyaman aktivitas kita ya Sahabat KMU! Karena itu, periksa mata rutin menjadi hal yang sangat dianjurkan agar gangguan refraksi tidak selalu menghantui aktivitas kita.

Faktanya ada 4 jenis kacamata

Pada dasarnya, terdapat 4 jenis kacamata yang perlu Anda ketahui. Yaitu:

  1. Single vision
  2. Bifocal
  3. Progressive
  4. Transition

Nah, Sebagian besar jenis kacamata yang digunakan oleh masyarakat adalah kacamata bifocal. Karena itu, kali ini dr. Idham Mustahid, SpM menjelaskan tentang kacamata bifocal (bifocal) beserta jenis-jenisnya.

kacamata bifokal

Apa yang dimaksud Kacamata Bifokal?

Kacamata bifocal (bifocal) adalah kacamata yang memiliki lensa dengan dua titik fokus, sehingga bisa membantu penderita rabun jauh (Miopi) + mata tua (Presbiopi).

Perlu diketahui, bahwasanya kemampuan membaca mulai terganggu pada usia di atas 40 tahun, sehingga perlu bantuan kacamata. Kacamata bifokal ini akan sangat membantu mereka dalam urusan kualitas penglihatan.

Setidaknya, ada 2 jenis kacamata bifokal (bifocal) yang perlu kalian ketahui:

2 jenis kacamata bifokal (bifocal)

Satu lensa dengan perbedaan ukuran refraksi (-/+)

Jenis ini memiliki perbedaan ukuran refraksi dalam satu lensanya, dimana posisi lena berlainan. Dimana pasien dengan gangguan refraksi lebih dari 1 bisa menggunakan kacamata jenis ini.

2 Lensa dengan ukuran refraksi (-/+)

Jenis lensa ini, merupakan penggabungan dari 2 lensa, sehingga bertumpu menjadi satu.

Berikut ini ilustrasi 2 jenis kacamata bifocal (bifocal) :

kacamata bifokal

Tonton juga topik kesehatan mata lainnya:

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here