Kenapa Mata Bintitan Muncul Berulang? Ini 3 Penyebabnya

0
671

Banyak masyarakat yang kerap gelisah atau bingung, kenapa mata bintitan yang dideritanya tak kunjung menghilang. Bila sudah sembuh, beberapa hari kemudian muncul kembali dan begitu seterusnya.
Hal ini tentu saja menyulitkan dan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman.

Ternyata, hal ini disebabkan oleh 3 faktor yang berpotensi menyebabkan mata bintitan berulang kali terjadi.

Sebelum itu, Sahabat KMU harus mengetahui terlebih dahulu. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan mata bintitan ini?

Mata Bintitan

Dokter Spesialis Mata Klinik Mata KMU dr. Sahilah Ermawati, SpM menjelaskan, bahwa mata bintitan ini adalah istilah popular di kalangan masyarakat. Yakni, penyakit mata yang berupa benjolan pada kelopak mata. Dalam bahasa kedokteran, mata bintitan ini disebut hordeolum atau kalazion.

Keduanya sama-sama menunjukkan kelainan di kelopak mata berupa benjolan. Hanya saja ini bedanya:
Hordeolum biasanya menimbulkan nyeri.
Hal ini terjadi dikarenakan patofisiologi pada umumnya terjadi akibat suatu infeksi.

Kalazion tidak menimbulkan rasa nyeri.

Kenapa tidak menimbulkan rasa nyeri? Sebab Kalazion umumnya terjadi akibat suatu peradangan yang steril.

Lalu kenapa mata bintitan datang berulang?

dr. Sahilla menyebutkan, ada 3 Faktor penyebab mata bintitan berulang:

1. Turunnya sistem kekebalan tubuh
  2. Gaya hidup perlu di perbaiki (dari kebersihan mata hingga pola istirahat)
  3. Asupan makanan atau pola makan yang bermasalah (butuh evaluasi)

Namun jangan terlalu khawatir, penyakit mata ini akan sembuh dengan sendirinya dalam 2 pekan. Hanya saja, akan menimbulkan sesuatu yag mengganggu dan menghambat aktivits serta mengganggu penampilan.

Kapan harus diwaspadai?

Namun, ada gejala yang harus diwaspadai dan perlu segera ditindaklanjuti. Yakni, apabila terdapat gejala yang terus berulang dengan intensitas tinggi.

Bila hal ini terjadi, sebaiknya perlu dievaluasi pola hidup dan pola makannya. Sebab,  2 hal tersebut mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang.

Untuk pengobatan mata bintitan ini sendiri, bisa dilakukan sesuai dengan penyebab dari bintitan tersebut.

Bisa dilakukan dengan kompres hangat, antibiotik yang diminum maupun oles. Semau tergantung factor penyebabnya, sehingga baiknya dilakukan pemeriksaan dokter terlebih dahulu.

Apabila dalam 2 Minggu tidak membaik, sebaiknya periksa ke dokter mata untuk tindak lanjut yang tepat.